Sabtu, 28 Mei 2011

Tips Agar Rambut Cepat Panjang dan Sehat

 
Pada umumnya rambut akan bertambah panjang 1,5 cm setiap bulan. Tetapi, ada juga orang yang rambutnya tumbuh lebih lambat, dan ketika akhirnya mencapai panjang tertentu, kemudian patah. Sayang banget kan, meskipun panjang jadi kurang indah kelihatannya. Nah jika kamu punya masalah seperti ini, atau.. punya obsesi yang sama seperti aku??? :D. Ini dia tipsnya...:

1.Mulailah mengatur makanan yang dikonsumsi.
Pilih makanan yang mengandung sayuran hijau dan buah manis. Produk susu dan yogurt juga baik untuk rambut. Demikian juga dengan kelapa. Hindari makanan olahan atau kalengan. Makanan dengan pengawet buatan dan bahan kimia tambahan tidak akan memberi manfaat gizi untuk tubuh dan badan. Minuman dingin juga mengganggu proses pencernaan dan asimilasi zat gizi. Bumbu seperti lada hitam bermanfaat untuk kesehatan rambut. Tambahkan bumbu ini ke dalam sup atau masakan lain.

2.Perlancar aliran darah di kepala.
Untuk merangsang pertumbuhan rambut cobalah memperlancar aliran darah di kepala sehingga pasokan nutrisi menjadi lebih banyak ke daerah rambut:

•Pijat kulit kepala setiap hari. Sebab, selain untuk memperlancar aliran darah, pijatan ini juga bermanfaat untuk membersihkan rambut baru yang sulit untuk tumbuh akibat lapisan kotoran, minyak, dan sel-sel kulit yang lama. Pijat dengan lembut kulit kepala dengan sikat khusus kulit kepala atau dengan jari-jari tangan selama 2 menit sebelum mandi, pada saat keramas maupun dalam keadaan kering. Hal ini tidak hanya memperkuat akar, tetapi akan mendorong pertumbuhan rambut lebih cepat.

•Sebelum tidur tundukkan kepala dan sikat rambut dengan lembut mulai dari akar sampai ujung rambut.

•Lakukan senam yang mengutamakan kekuatan jantung seperti aerobik dan joging. Kegiatan ini memacu jantung untuk memompa darah lebih cepat ke seluruh tubuh sehingga nutrisi yang sampai ke daerah akar rambut pun menjadi cepat.

•Hindari stres karena dapat berakibat serius dalam jangka panjang dan mempengaruhi warna rambut. Cobalah atur waktu dan tugas untuk meminimalisasi tekanan. Lakukan rileksasi/meditasi.

3.Hilangkan ujung rambut yang rusak.
Ujung-ujung rambut yang rusak (kering maupun pecah-pecah) akan merambat ke batang rambut dan menyebabkan batang rambut ikut rusak jika tidak dirawat. Akibatnya, secara keseluruhan rambut dapat menjadi lebih cepat rusak termasuk rambut baru yang tumbuh. Untuk mencegah hal tersebut kamu bisa memotong sendiri ujung-ujung rambut yang bercabang ini diwaktu senggang, jika tidak sempat kunjungi salon tiap 8-10 minggu sekali, dan minta ia untuk mentrim ujung-ujung rambut kamu. Tegaskan bahwa kamu hendak memanjangkan rambut sehingga ia hanya memotong ujung-ujung rambut yang pecah- pecah saja. Biasanya penata rambut tersebut akan memotong dalam keadaan kering karena sangat sukar mendeteksi ujung rambut yang pecah dalam keadaan basah.

4.Biarkan kulit kepala bernapas.
Rambut yang tertutup terus menerus akan membuat minyak dan kotoran menumpuk pada akar rambut sehingga kulit tidak bisa bernapas. Hal ini akan membuat pertumbuhan rambut menjadi terganggu. Agar pertumbuhan rambut berjalan baik, maka jaga agar kulit kepala senantiasa bersih. Jika kamu sering berkeringat, atau rambut kamu berminyak maka tidak ada salahnya untuk melakukan keramas tiap hari dengan menggunakan shampo yang sangat lembut. Jangan lupakan pula akan kebersihan perangkat rias rambut, terutama sisir! Sisir dan sikat rambut yang kotor membuat kotoran menumpuk kembali menempel di rambut dan kulit kepala tiap kali kamu menyisir.

5.Manjakan rambutmu.
Perlu diketahui bahwa rambut panjang adalah rambut yang tua dan cenderung rapuh, karena itu perlakukan dengan sangat hati-hati. Pilih shampo yang lembut dengan kandungan pelembap. Jika kamu menggunakan hairdryer, catok dan sebagainya, olesi dengan kondisoner dan serum setelah keramas tanpa dibilas. Berguna untuk melindungi rambut dari suhu tinggi. Seminggu sekali gunakan masker rambut. Selain itu, cermati cara kamu menata rambut. Jangan terlalu sering mengikat rambut ke belakang dengan kencang dan jangan sisir rambut dengan sikat ketika rambut basah. akan membuat rambut mudah patah.

6.Kurangi penataan rambut.
Boleh-boleh saja sebenarnya menata rambut dengan berbagai peralatan styling, namun perlu diingat bahwa hawa panas dan gesekan dari sisir bisa merusak lapisan pelindung rambut (atau kulit jangat). Akibatnya, helaian rambut jadi rentan untuk rontok. Atasi berbagai masalah ini dengan menggunakan sisir bergigi jarang untuk menyisir rambut yang habis dikeramas, menggunakan spray pelindung panas sebelum menata rambut, dan bebaskan rambut dari berbagai siksaan tersebut pada akhir pekan. Untuk mendapatkan kesan rambut yang bergelombang, buat kepang saat rambut masih basah. Lepaskan ketika rambut sudah kering.

7.Pilih jenis shampoo dan conditioner yang sesui dengan jenis rambut. Pilihan terbaik adalah menemukan shampoo alami dan herbal. Shampoo dan conditioner bekerja sangat baik untuk melembabkan dan menjaga rambutmu dari kerusakan.

8.Manfaatkanlah alternatif tanaman organic. Beberapa solusi terbaik yang dapat kamu coba adalah kelapa, lidah buaya, Biji kemiri dan mawar. Cobalah memijat kulit kepala untuk meningkatkan sirkulasi darah dengan tanaman organic tersebut agar pertumbuhan rambut lebih cepat panjang alami, karena tanaman organic tersebut aman meskipun dipakai berlebihan.
Itulah beberapa tips tentang cara memiliki rambut yang cepat panjang dan sehat, semoga bermanfaat....

> Sumber : http://www.sunsilk.co.id/fab10/contents/3194/tips-agar-rambut-cepat-panjang-dan-sehat-/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Poll