Rabu, 24 Agustus 2011

IT'S TIME TO MUDIK

 
Ramadhan hampir usai, lebaran sudah di depan mata. Setiap tahun tradisi ini tak pernah terlewatkan... Bahkan banyak orang sudah memesan dan membeli tiket jauh-jauh hari, padahal lebaran masih jauh...dengan alasan agar tak kehabisan tiket dan harganya masih belum naik..hmm....untuk apa? jawabannya adalah MUDIK ! Yak, itulah yang dilakukan banyak orang yang merantau ke kota orang atau bahkan di negara orang untuk bekerja. Mereka menggunakan moment lebaran untuk mudik atau pulang kampung, untuk melepas rindu kepada keluarga dan kerabat setelah lama tak bertemu.. Mereka pun pulang tanpa tangan hampa,baju baru, aneka macam kue kering mereka bawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga dan kerabat tercinta di kampung halaman. Tak heran, jika barang bawaan mereka begitu banyak, sampai-sampai mereka kewalahan membawanya. Ada pula pemudik yang membawa bayi sehingga membuat pemudik membawa barang yang lebih banyak lagi..Pemandangan di dalam bus atau kereta jadi terlihat penuh karena barang bawaan mereka.  Wah, harus hati-hati agar barang atau koper yang dibawa tidak tertukar dengan pemudik lain. Setiap tahunnya, jumlah pemudik selalu meningkat, hal ini dikarenakan setelah mereka kembali ke rantau, mereka membawa kerabat atau saudara mereka untuk bekerja di perantauan mereka.Cerita mudik setiap orang pun berbeda..Ada yang pulang dengan selamat sampai tujuan, ada pula yang dalam perjalanan mudiknya kehilangan barang bawaan karena mereka lengah, sehingga mereka menjadi sasaran orang-orang yang tidak bertanggung jawab, misalnya, mereka ditawari makanan atau minuman oleh yang tidak dikenal, yang ternyata di dalam makanan atau minuman sudah diberi obat bius, akhirnya mereka tak sadarkan diri dan setelah sadar, ternyata barang bawaan dan uang mereka lenyap. Ternyata mereka adalah korban pembiusan.. atau tanpa sadar mereka menyerahkan uang dan barang mereka kepada orang yang mengaku kenal dengan mereka, namun ternyata mereka adalah korban hipnotis.. iihhh, serem ya..??!!  Bahkan mereka pulang membawa berita kesedihan dan tak bisa berkumpul dengan keluarga dikarenakan kecelakaan di jalan raya. Untuk itu kita harus selalu waspada dengan barang yang kita bawa dan orang-orang di sekitar kita saat perjalanan mudik. Hmm, untuk itu, diperlukan persiapan yang baik sebelum mudik.. Ada beberapa tips yang mungkin membantu agar mudik lancar, aman dan nyaman, berikut tips-tipsnya :
1. Persiapkan barang yang benar-benar perlu dibawa, jangan sampai barang yang tidak perlu ikut masuk ke dalam koper. Misalnya, jika membawa pakaian, bawalah secukupnya saja atau jika membawa bayi, agar bayi tidak menangis dalam perjalanan bawalah mainan yang simple saja, jangan bawa teddy bear yang besar.. Jika ingin membawakan buah tangan bawalah secukupnya.Oh, iya jangan membawa uang yang berlebihan juga ya...
2. Jika mudik naik kendaraan umum :
  • Beri tanda atau nama pada koper atau barang bawaan Anda, supaya tidak tertukar. 
  •  Jangan mudah menerima makanan atau minuman dari orang yang tidak Anda kenal, agar Anda tidak menjadi korban pembiusan. Untuk itu, usahakan membawa bekal secukupnya.
  • Jangan memakai perhiasan yang mencolok dan berlebihan, supaya tidak menarik perhatian orang lain dan penjahat.
  • Selalu berdoa (misal berdzikir) dan jangan sampai pikiran Anda kosong atau melamun, supaya Anda tidak jadi korban hipnotis..
3. Untuk pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi :
  • Cek kendaraan Anda sebelum berangkat agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan nantinya. 
  • Jaga kondisi Anda agar tidak terlalu kelelahan saat menyetir atau mengendarai motor. Usahakan istirahat sejenak untuk memulihkan kondisi Anda. Apa lagi sekarang banyak pos mudik yang menawarkan berbagai penawaran dan fasilitas unik, seperti pijat dan games.. Nah, lumayan kan untuk melepas lelah sejenak dalam perjalanan mudik..
  • Taati rambu lalu lintas, agar perjalanan Anda lancar dan aman.
  • Jangan mengemudi dalam keadaan lelah dan ugal-ugalan.
4. Yang paling penting  Selalu berdoa sebelum dan setelah melakukan sesuatu, Agar Tuhan selalu melindungi kita..aamiin..

Oh iya, kalau mudik rumah kan kosong, ga ada penghuninya ga ,ada yang yang jaga.. Terus gimana doooonkk???
kalo ntar ada maling gimana?? kan ga mungkin, barang di bawa semua??
ehm, mungkin sedikit tips ini bisa membatu..

1. Kunci semua pintu dan jendela, pastikan rumah yang akan kita tinggal mudik untuk sementara waktu  ini, benar-benar terkunci.
2. Titipkan rumah kepada tetangga yang tidak mudik atau Pak satpam yang menjaga kompleks sambil berpamitan. "Pak, Bu, Kami mau mudik, tolong titip rumah ya.." si tetangga bilang "Oo, iya hati-hati Pak, Bu, semoga selamat sampai tujuan , salam buat keluarga di sana..
atau kalau tidak titip ke Pak satpam yang menjaga kompleks " Pak, Kami mau pamit, mau mudik, titip rumah rumah ya Pak.." Pak satpam bilang "siap laksanakan ..hati-hati di jalan , semoga selamat sampai tujuan.." .. ehhm, jangan lupa ucapkan terima kasih, dan mungkin setelah pulang Pak Satpam dan tetangga yang baik hati itu, kita bisa memberi oleh-oleh sebagai ucapan terima kasih..
3. Hidupkan lampu depan atau lampu halaman, agar terkesan rumah itu ada penghuninya, dan terhindar dari kesan rumah angker.. hehhhe...

itulah beberapa tips agar mudik Anda lancar , aman dan nyaman..
Selamat mencoba & Semoga Bermanfaat.. :D

maaf, jika dalam penulisan ini masih ada yang kurang dan masih ada kesalahan..
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Poll