Senin, 22 Oktober 2012

Analisa Cuka Metode Alkalimetri

Definisi
Asam asetat atau acetid acid atau masyarakat sering menyebutnya cuka adalah cairan yang rasanya masam dan pembuatanya melalui proses fermentasi alkohol dan fermentasi asetat yang didapat dari bahan kaya gula seperti anggur, apel, malt, gula dan sebagainya. Asam asetat dengan kadar kurang lebih 25% beredar bebas di pasaran dan biasanya ada yang bermerk dan tidak bermerk.Pada cuka bermerk biasanya tertera atau tertulis kadar asam asetatnya.
Sifat Asam asetat
a. Sifat Fisika
Sifat fisika dari Asam asetat adalah cairan jernih, tidak berwarna,berbau menyengat, pH asam,memiliki rasa asam yang sangat tajam, mempunyai titik beku 16,6 derajat celcius, titik didih 118,1 derajat celcius danlarut dalam air, alkohol dan eter. Asam asetat dibuat oleh bakteri Acetobacter. Rumus Kimianya CH3COOH dan BM nya 60,05
b.Sifat Kimia
  Asam asetat mudah menguap di udara terbuka, mudah terbakar, dan dapat menyebabakan korosif pada logam. Asam asetat jika direaksikan dengan karbonat akan menghasilkan karbon dioksida. Penetapan kadar asam asetat biasanya menggunakan basa natrium hidroksida, dimana 1 ml natrium hidroksida 1 N setara dengan 60,05 mg CH3COOH.

Batas-batas penggunaan Asam Asetat
Batas-batas pengguanaan cuka adalah pemakaianya seencer mungkin misalnya bila digunakan dalam pembuatan acardapat ditambahkan cuka dengan batasan kadarnya 0,5%-2,7%.

Metode Penetapan Kadar Asam asetat secara Alkalimetri
Alkalimetri adalah proses analisis atau penetapan kadar secara volumetrik dan jumlah total suatu asam dalam suatu laruatan dengan menggunakan larutan standar basa. 
indikatornya PP 1% (phenol phtalien) , perubahan warnanya terjadi karena titrasi ini terjadi perubahan pH.Indikator PP dalam suasana asam tidak berwarna dan dalam suasana basa berwarna merah.

Reaksi yang Terjadi
CH3COOH + NaOH ----> CH3COONa + H2O

Perhitungan kadar Asam asetat:
Kadar asam asetat = ml x N NaOH~60,05 x pengenceran x 100% / ml sampel x 1000
  
Sumber : (Edited from): http://digilib.unimus.ac.id/files/disk1/107/jtptunimus-gdl-paramithad-5313-2-bab2.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Poll