Sabtu, 08 Desember 2012

Analisa Boraks Metode Asidimetri

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI No.722/Menkes/Per/IX/1988, Bahan Tambahan Pangan adalah bahan yang biasanya tidak digunakan sebagai makanan dan biasanya bukan merupakan ingredient atau bahan yang  khas makanan, mempunyai atau tidak mempunyai nilai gizi yang dengan sengaja ditambahkan ke dalam makanan pada pembuatan, pengolahan, penyiapan, perlakuan, pengepakan, pengemasan, penyimpanan atau pengangkutan makanan untuk menghasilkan atau diharapkan menghasilkan (langsung atau tidak langsung) suatu komponen atau mempengaruhi sifat khas makanan tersebut (Budiyanto, 2001).

Umumnya beberapa bahan tambahan pangan  (BTP) digunakan dalam pangan untuk memperbaiki tekstur, flavor atau rasa, warna atau mempertahankan mutu. Beberapa bahan  kimia yang bersifat toksik (beracun) jika  digunakan dalam pangan akan menyebabkan  penyakit atau bahkan kematian. Oleh karena  itu, dalam peraturan pangan dilarang menggunakan bahan kimia berbahaya dalam pangan (Cahyadi, 2006).

Dampak penggunaan  bahan tambahan pangan  dapat berakibat positif maupun negatif bagi masyarakat. Kita memerlukan pangan yang aman untuk dikonsumsi, lebih bermutu, bergizi dan  mampu bersaing dalam pasar global. Kebijakan keamanan pangan (food safety) dan pembangunan gizi nasional (food nutrient) merupakan bagian integral dari kebijakan pangan nasional, termasuk penggunaan bahan tambahan pangan (Cahyadi, 2006).

Boraks
Boraks atau Natrium tetraborat memiliki berat molekul 381,37. Rumus molekul Na2B4O7.10H2O. Pemeriannya berupa hablur transparan tidak berwarna atau serbuk hablur putih; tidak berbau. Larutan bersifat basa terhadap fenolftalein. Pada waktu mekar di udara kering dan hangat, hablur sering dilapisi serbuk warna putih. Kelarutan boraks yaitu larut dalam air; mudah larut dalam air mendidih dan dalam gliserin; tidak larut dalam etanol (Ditjen POM, 1995). Boraks umumnya digunakan untuk mengawetkan kayu,  penghambat pergerakan kecoa (Bambang, 2008).

Absorbsi, distribusi dan eksresi
Boraks cepat diabsorpsi dari saluran pencernaan dan kulit yang luka. Boraks tidak dapat diserap melalui kulit yang utuh. Eksresi terutama melalui ginjal kira-kira 50% dari dosis yang diberikan dieksresi dalam waktu 24 jam. Pada pemakaian yang lama, eksresinya melalui urin dicapai setelah 2 minggu. Dalam jumlah relatif besar, boraks terlokalisasi di otak, hati dan ginjal (Katzung, 2004).

Asidimetri
Asidimetri adalah pengukuran konsentrasi asam dengan menggunakan larutan baku basa.
Standarisasi HCl dengan larutan Boraks:
1. Sebanyak 10 ml larutan baku primer boraks dititrasi dengan HCl 
2. Menambahkan indikator Metil Red (jika tidak ada Metil Red kita dapat Menggunakan Metil Orange (MO))
3. Titrasi dari warna kuning berubah jadi warna Merah
Penambahan metil merah  (Metil Red) mengakibatkan warna larutan borak berubah menjadi kuning. Hal ini dikarenakan indikator metil merah  (Metil Red) yang memiliki trayek PH sebesar 4,2-6,3 berwarna kuning dalam larutan basa, kemudian larutan tersebut dititrasi dengan HCl. Titrasi dilakukan hingga titik akhir titrasi tercapai saat larutan yang berwarna kuning berubah menjadi merah. Perubahan warna ini terjadi karena mol titran sama dengan mol titrat dan indikator bereaksi dengan HCl. Adanya ion H+ dari HCl yang mengakibatkan terjadinya perubahan pH larutan dan mempengaruhi warna indikator dalam larutan.

Daftar Pustaka:

 worldfandika.blogspot.com/2010/06/asidi-alkalimetri.html
 http://heldaluvchemeng.blogspot.com/2010/10/asidimetri.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Poll